10 Tips Memulai Bisnis Kaos

 

Kreativitas menjadi salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis. Terutama, bisnis kaos yang memerlukan kreativitas tinggi agar mampu bersaing di pasaran. Mayoritas orang sukses adalah orang-orang yang memiliki jiwa kreatif dalam hal penciptaan maupun unsur lain yang mendukung kemajuan bisnis.


Berikut ini adalah tips memulai bisnis kaos dengan merek dagang sendiri.


Sebelum memutuskan terjun dalam bisnis kaos, sebaiknya Anda mencari tahu perkembangan bisnis satu ini. Perhatikan pula bisnis-bisnis serupa yang sudah sukses. Cari tahu rahasia kesuksesan mereka agar Anda bisa menghindari kegagalan-kegagalan yang mereka alami. Setiap orang memang memiliki cara sukses sendiri, namun tidak ada salahnya Anda mengetahui jalan sukses orang lain sebagai media pembelajaran.


Perencanaan sangat penting sebagai pijakan awal yang akan dijadikan pedoman bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menentukan jenis kaos yang akan dijual, karakter desain, material atau bahan kaos, serta harga. Anda pun harus menentukan target pasar serta cara penjualannya.


Bisnis kaos merupakan bisnis yang telah ada sejak lama. Kehadiran pesaing pun sudah mutlak dalam bisnis ini. Oleh sebab itu, Anda harus pandai mengenali pesaing. Misalnya, produk, konsep, karakter, dan cara promosi. Setelah berhasil “mencuri” poin penting pesaing, Anda harus berusaha melakukan cara yang dilakukan pesaing. Bahkan, harus lebih baik.


Ketika membuat sebuah produk, Anda harus mengetahui tingkat konsumsi pasar. Jangan sampai membuat produk yang tidak ada pembelinya. Satu-satunya cara akurat untuk mengetahui keinginan konsumen adalah menanyai mereka secara langsung. Tanyakan keinginan orang-orang yang akan menjadi target kaos Anda.


Untuk memastikan kelancaran produksi, promosi, serta pengeluaran lain, Anda harus mengenali kondisi keuangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemandegan usaha akibat kekurangan modal. Namun, hal ini tidak berarti bahwa Anda harus memiliki modal besar. Anda hanya perlu menyesuaikan kondisi keuangan dengan langkah yang diambil.


Setelah produk Anda jadi, langkah berikutnya adalah melakukan promosi. Promosi ini tidak harus dilakukan dengan cara yang memakan banyak biaya. Anda harus memikirkan cara kreatif berpromosi murah tetapi tepat sasaran atau mengenai target. Misalnya, meng-endorse public figure, membagikan produk Anda secara gratis sebagai langkah awal pengenalan brand, dan promosi online.


Sebenarnya, Anda bisa menjalankan bisnis ini secara mandiri. Akan tetapi, kemajuan bisnis akan lebih terjamin jika Anda menggaet rekan kerja yang ahli di bidang masing-masing. Baik secara intern dengan menggaet desainer maupun ekstern dengan cara merangkul pihak yang dapat memaksimalkan produk Anda.


Dalam memulai sebuah bisnis, Anda harus menentukan tujuan atau target yang akan dicapai, misalnya per bulan dan per tahun. Anda pun harus memiliki keyakinan untuk mencapai target tersebut dengan kekuatan mimpi dan berpikir positif.


Setiap usaha pasti memiliki kendala, misalnya kesulitan dalam pemasaran awal produk. Anda jangan langsung berputus asa dengan hal ini. Teruslah berusaha dan selalu optimis. Mungkin saja usaha pertama Anda kurang maksimal.


Jangan selalu memusatkan pikiran pada uang. Lakukan saja bisnis Anda dengan ikhlas dan senang hati. Menjadikan uang sebagai orientasi utama akan berakibat kurang baik bagi Anda, terutama dalam hal membangun optimisme. Anggap saja uang sebagai bonus atas hal yang telah Anda lakukan.


Semoga bermanfaat!


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan