Beralih ke Bisnis Rumahan

Dewasa ini bisnis rumahan menjadi tren untuk meraup keuntungan atau menambah penghasilan kita. Terbatasnya lapangan pekerjaan dan jumlah pengangguran yang tak terbendung, membuat masyarakat kita berpikir kreatif untuk menciptakan lapangan usaha baru. Salah satunya adalah bisnis rumahan.

Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan merupakan sebuah peluang usaha yang memanfaatkan skill, keterampilan dan pemanfaatan bahan baku yang tersedia cukup banyak di lingkungan sekitar dan penyedia produsen bahan baku industri. Keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan berupa kerajinan tangan atau keahlian khusus yang didapat melalui lembaga pengembangan diri tertentu.

Ada banyak macam bisnis rumahan yang bisa Anda kembangkan untuk memulai bisnis. Tak perlu menggunakan modal yang besar, jika Anda memiliki keterbatasan dana. Bisnis rumahan bisa dimulai dengan modal dari nol, asalkan Anda memiliki keterampilan khusus.

Misalnya memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng bekas yang dapat disulap menjadi produk yang unik seperti celengan, peralatan makan, hiasan rumah, kotak surat, tong sampah yang dihias sedemikian rupa dengan teknik lukisan. Jadi Anda tak perlu mengumpulkan modal terlebih dahulu, manfaatkan bahan yang ada, selanjutnya kembangkan.

Memang masih ada yang memandang remeh pelaku bisnis rumahan. Salah satu alasannya adalah karena gengsi bila tidak bekerja di kantor. Namun, bila kita pikirkan lebih jauh, apa yang akan kita dapatkan tidak berbeda jauh dengan yang bekerja di kantoran. Bahkan, bisa melebihi apa yang kita peroreh bila bekerja di perusahaan orang lain.

Banyak yang mengeluhkan gaji kantor hanya numpang lewat, bekerja di kantor banyak menimbulkan stres karena target, dan sebagainya. Di samping itu, kita juga melihat banyak pengusaha sukses yang berhasil dengan melakoni dunia bisnis rumahan.

Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis rumahan sangat cocok dilakukan oleh kaum hawa, terutama ibu-ibu rumah tangga. Tuntutan suami yang tidak menginginkan istrinya bekerja di luar rumah, menjadikan bisnis rumahan sebagai alternatif bagi ibu-ibu untuk mengembangkan keterampilan atau ilmunya yang pernah di dapatkan selama bangku kuliah.

Bila Anda pandai memasak, jangan sia-siakan keahlian Anda tersebut. Anda bisa mengelola katering makanan sebagai bisnis rumahan. Bagi Anda yang memiliki banyak relasi, bisa Anda manfaatkan bisnis keterampilan tangan, seperti bisnis rajutan yang disulap menjadi baju, tas, sepatu, topi, sweater dan sebagainya. Bila usaha Anda banyak peminatnya, baru melangkah lebih jauh dengan merekrut karyawan, dan itu bisa Anda lakukan di rumah.

Bisnis rumahan berupa aksesoris perlengkapan busana wanita, juga menjadi tren saat ini. Hanya dengan memiliki keterampilan membuat berbagai pernak-pernik aksesoris, Anda bisa membuat kalung, gelang, cincin, bros, peniti, jam tangan dengan berbagai model. Bila Anda memiliki keterampilan jahit-menjahit, Anda bisa mengembangkan bisnis rumahan dari kain perca, sulam benang dan sulam pita yang bernilai tinggi dan tidak murahan.

Modal utama jika Anda memilih untuk berbisnis rumahan adalah ketekunan dan keuletan Anda, di samping memiliki keterampilan khusus. Ingat bahwa yang namanya bisnis pasti ada pasang surutnya, selera pasar selalu berubah-ubah, hanya tinggal bagaimana Anda menciptakan berbagai produk bisnis rumahan yang bercita rasa tinggi.

Untuk itu, diperlukan berbagai kreativitas untuk menarik konsumen agar tetap melirik bisnis rumahan Anda.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan