Bisnis Pengadaan Barang dan Jasa

Bisnis pengadaan barang dan jasa bisa sangat menguntungkan. Kuncinya adalah kejelian membidik pangsa pasar. Pengamatan dan survei pasar harus dilakukan sebelum menentukan jenis barang dan jasa yang akan menjadi target di suatu daerah.

Akte Notaris

Sebuah perusahaan supplier umum tidak bisa asal menjual barang atau jasa bila tidak sesuai dengan akte notaris. Bila perusahaan supplier umum tersebut bergerak di bidang pengadaan barang elektronik, maka tidak bisa menjual beras. Begitu pun dengan perusahaan supplier yang bergerak di bidang mechanical atau alat tulis dan kantor, tidak boleh mengadakan barang yang tidak sesuai dengan apa yang tertera di akte notaris.

Begitu pun dengan pengadaan jasa. Jenis jasa apa yang akan dijalankan harus jelas tertulis di akte notaris. Oleh karena itu, riset pasar harus dilakukan dengan saksama sebelum memutuskan jenis pengadaan barang dan jasa apa yang akan dilakoni. Spesifikasi ini akan membuat bisnis lebih fokus dan akhirnya para pebisnis pun akan menyadari di mana wilayah bisnisnya.

Pengadaan Jasa

Bisnis pengadaan jasa ini tergolong mempunyai banyak konsumen. Misalnya, pengadaan jasa cleaning service, jasa penyewaan mobil, jasa pengecatan, jasa pemeliharaan taman, jasa penyewaan alat-alat untuk rumah sakit, jasa pengadaan alat-alat berat, jasa pembersihan pabrik atau pembersihan dinding gedung-gedung bertingkat tinggi, dan lain-lain.

Banyaknya perusahaan yang lebih senang menyerahkan pekerjaan-pekerjaan tertentu, misalnya pembersihan pabrik, kepada pihak lain, telah membuat perusahaan penyedia jasa selalu mendapatkan order. Perusahan-perusahaan asing juga terkadang lebih suka menyewa barang-barang yang dibutuhkannya.

Misalnya, mobil untuk operasional. Mobil-mobil sewaan ini dirasa lebih menguntungkan bagi perusahaan tersebut karena mereka tinggal pakai mobil-mobil tersebut. Perawatan dan urusan dokumentasi semua diurus oleh pihak supplier.

Selain itu, dengan adanya mobil sewaan ini, mobilitas pekerja semakin lancar.  Pemakai mobil sewaan ini biasanya setingkat manajer. Alasan lain memakai mobil sewaan bukan mobil pribadi adalah bahwa adanya mentalitas yang lebih profesional dalam menggunakan mobil.

Kalau mobil pribadi yang dipakai, si pemilik tentunya akan selalu berpikir dua kali bila mobil akan dipakai menuju medan yang berat. Tapi, karena mobil sewaan, si pemakai tidak pernah berpikir dua kali untuk memakai mobil tersebut menuju medan apapun.

Tips

Bisnis pengadaan barang dan jasa ini sangat menguntungkan. Seperti biasa kue yang enak, manis dengan bentuk yang cantik, pasti banyak peminatnya. Tidaklah mengherankan bahwa bidang bisnis ini pun penuh dengan persaingan, baik persaingan harga maupun persaingan layanan kepada konsumen. Untuk mensiasatinya, maka perlu mempelajari beberapa teknik. Misalnya:

Menjaga kualitas barang dan jasa dengan standard yang sudah diakui.Menjaga kepercayaan konsumen dengan pelayanan tepat waktu, tepat barang yang dikirim, tepat cara penagihan, dan tepat cara penyampaian dan penanganan keluhan konsumen.Menjaga komunikasi dengan cara memberikan bonus atau potongan harga kepada para konsumen loyal.Memberikan tip yang sepantasnya kepada para pemberi order.

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan