Diet yang Sehat: Badan Sehat Itu yang Aku Mau

Diet, kata-kata yang cukup akrab bagi perempuan. Badan gemuk seakan menjadi hal yang menakutkan bagi setiap perempuan. Tak sedikit dari mereka melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat, namun kerap melupakan kesehatan. Bahkan ada yang melalukan puasa selama berhari-hari. Arti diet yang sebenarnya adalah menjaga pola makan yang disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari.

Diet sebenarnya bukan mengurangi jatah makanan agar berat badan turun. Diet yang sehat adalah diet yang menyesuaikan makan dan minum yang dikonsumsi secara teratur. Penyesuaian ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang dihadapi.


Kebutuhan dan situasi tiap orang akan berbeda, tergantung tubuh dan kondisi kesehatan. Maka sebelum melakukan diet langkah awal adalah pahami dahulu kondisi tubuh.


Ada beberapa jenis diet. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:


Hour- Diet


Jenis diet ini diciptakan oleh Jorge Cruise. Seperti namanya, Anda diharapkan makan setiap tiga jam sekali.


Kelebihan Hour Diet

Dengan cara itu Anda akan makan berdasarkan porsi dan waktu tertentu yang terjadwal. Diet ini dapat memakan makanan apa saja yang memang itu kesukaan. Asalkan sesuai dengan porsi yang ditentukan. Diet ini cocok untuk orang yang sedang melakukan diet khusus. Contohnya: diet karena hepatitis dan jantung.Diet ini dibuat berdasarkan ilmu nutrisi. Jika diikuti dengan benar dan disiplin serta dibarengi dengan olah raga, berat badan akan mudah turun.

Yang Perlu Diperhatikan

Karena Anda makan setiap tiga jam sekali, yang perlu diperhatikan adalah porsi makan. Kalau belebihan maka akan menambah kalori.Bagi yang memiliki mobilitas yang tinggi agak kesulitan melakukan diet ini.

Atkins Diet


Biasanya orang berdiet melakukan pantangan terhadap makanan tertentu. Atkins Diet adalah diet yang memperbolehkan makan makanan yang mengandung protein (telur, keju, daging), sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat (nasi, roti, buah) dibatasi porsinya.


Hal ini dilakukan agar karbohidrat di dalam tubuh berkurang dan diganti oleh protein dan lemak. Menurut Robert Atkins, Karbohidrat yang berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan insulin. Insulin inilah yang mengakibatkan rasa lapar.


Kelebihan Atkins Diet


Bagi Anda penggemar jenis makanan serba keju dan daging berbahagialah. Makanan yang menurut orang-orang berbahaya untuk diet, ternyata masih bisa dikonsumsi.


Yang Perlu Diperhatikan

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak akan memicu penyakit jantung dan rematik.Bisa muncul efek samping seperti sembelit dan bau mulut karena kekurangan serat.

Food Combining


Diet ini dilakukan berdasarkan asumsi bahwa penambahan berat badan dikarenakan karena pola makan yang salah. Diet ini didasarkan pada hukum penyerapan. Menurut hukum ini, protein (daging, keju, daging) tidak boleh dimakan bersamaan dengan makanan yang mengandung protein (roti, pasta, kentang). Namun baik protein dan karbohidrat bisa dimakan bersamaan dengan sayur-sayuran.


Kelebihan Food Combining

Tubuh sangat membutuhkan sayur-sayuran dan buah-buahan.Dengan mengkonsmsi makanan yang rendah kalori, maka berat badan akan mudah turun.

Souch Beach Diet


Diet ini mirip dengan Atkins. Souch Beach Diet dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat. Dengan diet ini, akan terjadi beberapa perubahan positif pada kesehatan kardiovaskular, kolesterol dan triglyceride.


Kelebihan Souch Beach Diet

Terjadi fleksibilitas dalam menu makanan.Diperbolehkan makan roti, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Yang Perlu Diperhatikan

Jangan keasikan pada salah satu tahapan (baik tahap pertama/ kedua). Hal ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi seperti kekurangan serat dan kalsium.Orang yang mengikuti program diet ini harus konsisten dengan melakukan tahapan pertama dan kedua.

Dari berbagai macam jenis diet di atas, Anda tentu dapat memilih jenis mana yang cocok dengan kondisi badan dan kesehatan.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan