Gaya Hidup Vegetarian Islam, Bolehkah?

Orang melakukan gaya hidup vegetarian dengan bermacam alasan yang kadang hanya mereka saja yang tahu. Alasan kesehatan, kecantikan, cinta lingkungan, sampai dengan doktrin agama yang dianut. Bagaimana dengan vegetarian Islam? Adakah ajaran vegetarian dibolehkan dalam Islam?


Apa Itu Vegetarian?


Vegetarian adalah seseorang dengan pola makan yang dianutnya, dimana ia memutuskan untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan yang berasal dari hewan. Ada beberapa jenis vegetarian. Mulai dari yang benar-benar menghindari hasil olahan hewan yaitu daging, ikan, sampai susu dan telur. Dan yang masih mengkonsumsi jenis masakan dari hewan tapi dengan frekwensi yang sangat jarang.


Asal kata vegetarian adalah vegetus yang artinya keseluruhan. Kata yang berasal dari bahasa latin ini juga bisa diartikan sehat, segar atau hidup. Sebagaimana tujuan yang ingin dicapai oleh para vegetarian yaitu agar hidup mereka lebih sehat.



Vegetarian Dalam Islam


Bagaimana dengan vegetarian Islam? Mengingat akhir-akhir ini mulai banyak umat Islam yang juga menerapkan gaya hidup vegetarian sebagai pola makan mereka sehari-hari. Apakah dilarang? Ataukah dibolehkan?


Islam sendiri mengajarkan sistem keseimbangan dalam segala hal. Dalam pola makan, ada hadist yang mengatakan agar umat Islam "Makan saat lapar, dan berhentilah sebelum kenyang". Hikmahnya tentu saja agar tidak berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi semua jenis makanan.


Juga Nabi SAW pernah mengatakan bahwa, lambung sebaiknya diisi dengan 1/3 udara, 1/3 makanan dan 1/3 air. Itu juga mengisyaratkan agar umat Islam tidak terlalu banyak mengisi perutnya dengan makanan.



Seimbang


Bukannya salah jika ada pendapat bahwa vegetarian dapat membuat hidup seseorang lebih sehat. Sebab, biasanya seorang yang menerapkan vegetarian Islam, atau pun vegetarian dengan agama apa pun, akan lebih selektif memilih jenis makanan yang mereka konsumsi. Ini lah yang menyebabkan mereka lebih sehat.


Bagaimana pun, tubuh manusia diciptakan dengan berbagai kebutuhan termasuk diantaranya adalah protein. Dan kekurangan protein, dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit seperti kurang darah, lesu, dan gampang lelah.


Oleh karena itu, seyogyanya para vegetarian Islam juga memenuhi kebutuhan tersebut secara seimbang agar manfaat dari pola hidup vegetarian yang mereka jalankan dapat lebih nyata terasa.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan