Makanan untuk Diet Rendah Kolesterol

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi, diet rendah kolesterol memang menjadi salah satu alternatif pengobatan terbaik. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan hipertensi dan penyakit lainnya.

Pola Makan


Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pola makan. Mengatur pola makan dengan baik, termasuk memperhatikan kadar kolesterol yang masuk ke tubuh, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, baik hipertensi maupun penyakit lainnya dapat dihindari. 


Selain mengatur pola makan, ada lagi hal yang harus diperhatikan, seperti makanan yang dikonsumsi dan cara memasak makanan. Makanan yang kandungan lemaknya rendah dan tidak berbahaya merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Hindari Lemak


Lemak terbagi menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh merupakan lemak yang berbahaya bagi kesehatan, sedangkan lemak tak jenuh merupakan lemak yang lebih baik untuk dikonsumsi. 


Mengonsumsi daging merah juga berisiko. Apabila ingin mengurangi risikonya, proses memasak harus dilakukan dengan tepat. Lemak yang terkandung dalam daging ayam atau kambing termasuk lemak berbahaya. Karena itu, hindari mengonsumsi lemak yang terdapat dalam daging tersebut. Namun, akan lebih baik lagi jika lebih sering mengonsumsi protein nabati, seperti tempe dan tahu. 


Mentega, margarin, dan minyak merupakan produk yang mengandung banyak lemak. Karena itu, sebaiknya hindarilah mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Untuk mengganti minyak saat memasak, dapat digunakan minyak zaitun atau pun minyak sayur. Kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol. 


Cara Memasak dan Asupan Makanan


Selain mengganti jenis minyak untuk masak, cara memasak makanan pun dapat mengurangi kadar kolesterol. Makanan hendaknya direbus, dikukus, dan dipepes tidak menggunakan minyak.


Sementara makanan yang ditumis biasanya menggunakan sedikit minyak goreng. Temperatur tinggi saat menumis juga berguna untuk menghindari penyerapan lemak ke makanan. 


Mengonsumsi buah dan sayur juga merupakan hal yang penting untuk menghindari kolesterol. Mengonsumsi produk makanan yang mengandung tepung putih juga berisiko meningkatkan kolesterol. Apabila ingin menggantinya, biji-bijian dan sereal merupakan makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, dapat pula menghindari penyakit jantung. 


Susu memang baik untuk kesehatan, tetapi untuk diet rendah kolesterol, susu yang baik dikonsumsi adalah susu rendah lemak atau tanpa lemak.


Makanan lain yang harus dibatasi atau dikontrol konsumsinya adalah makanan ringan atau camilan, seperti biskuit dan keripik. Selain meningkatkan kolesterol, mengonsumsi makanan ringan berlebih juga dapat meningkatkan berat badan.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan