Manfaat Buah Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Tapi sudahkah Anda tahu manfaat buah jambu biji yang harganya murah ini? Hampir semua kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, terkandung dalam buah ini.

Jambu Biji yang punya nama latin Psidium Guajava ini bisa dimakan langsung atau dijadikan ramuan obat dan kecantikan. Jambu Biji banyak tumbuh di iklim tropis. Bentuknya bulat dan berwarna hijau kekuningan, dengan biji kecil yang banyak. Meski tampilannya minimal, khasiat buah ini sangat maksimal. Yuk, kita telusuri satu-satu!


Buah yang Bermanfaat Untuk Kecantikan


Tahukah Anda kalau jambu biji sangat besar manfaatnya untuk kecantikan wajah dan tubuh Anda? Jambu biji bisa menghaluskan kulit dan lebih baik daripada toner atau pelembab yang banyak memakai bahan kimia. Jambu biji yang masih muda sangat kaya dengan vitamin A, B, dan C. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kulit Anda dari anti-oksidan dan efek kerutan. Anda bisa mengonsumsinya sebagai jus, atau memakainya dalam bentuk masker.


Selain menjaga kecantikan dan kesegaran kulit, manfaat buah jambu biji juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena jambu biji kaya dengan protein, serat, dan vitamin, yang kesemuanya adalah kebutuhan nutrisi Anda.


Memakan jambu biji di siang hari akan membantu Anda membatasi makanan berlebih, dan Anda akan lebih tahan lapar sepanjang hari. Selain itu, jambu biji juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh Anda, sehingga semua nutrisi yang anda konsumsi akan terproses dan tidak tertimbun sebagai lemak. Dengan beragam manfaatnya ini, tidak salah kalau jambu biji 'dinobatkan' mejadi buah kecantikan.


Memelihara Kesehatan dengan Jambu Biji


Selain untuk kecantikan, manfaat buah jambu biji lainnya juga baik untuk kesehatan. Buah ini mengandung potasium samapai 14 miligram, sangat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol darah. Vitamin C yang terdapat dalam jambu biji juga 5 kali lebih banyak daripada buah jeruk. Dengan mengonsumsinya, tubuh Anda akan lebih imun atau kebal dari penyakit, dan sistem pencernaan Anda juga lebih terjaga.


Untuk orang yang menderita penyakit diare, disentri, atau sembelit, buah jambu biji juga bisa dijadikan menu pendamping. Kandungan zat alkalin dan disinfektan-nya sangat ampuh menyembuhkan sakit perut. Dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, jus jambu biji yang masih muda juga bagus untuk meredakan batuk dan pilek.


Jadi, sudahkah Anda mengonsumsi buah 'ajaib' ini?

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan