Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Buah nanas merupakan salah satu menu favorit yang banyak disukai. Daging buahnya yang berwarna kuning rasanya masam manis yang enak. Buah ini bukan saja nikmat dimakan dalam bentuk segar, namun saat ini telah banyak diolah menjadi berbagai jenis dan bentuk makanan lainnya, seperti selai, sirup, manisan, dan lainnya. Apalagi manfaat buah nanas untuk kesehatan juga sangat bagus.

Buah nanas umumnya dijauhi kaum perempuan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran maupun keputihan. Bahkan ada yang mengatakan buah ini kurang baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Padahal banyak penelitian yang memperlihatkan besarnya manfaat buah nanas untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan.


Enzim Nanas


Ada dua jenis enzim yang terdapat pada buah nanas, yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Enzim itu adalah bromelin dan peroksidase. Enzim bromelin yang terdapat dalam nanas merupakan enzim kompleks yang berfungsi untuk memecahkan protein pada makanan seperti daging atau susu sehingga memudahkan tubuh dalam proses penyerapan protein tersebut. 


Baik bromelin maupun peroksidase juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, bersifat anti radang, anti oksidan, menetralisir asam lambung, dan juga mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan enzim ini juga dapat mencegah penggumpalan darah dan mengatasi penyakit jantung. 


Buah nanas juga dikenal dapat menyembuhkan infeksi saluran pernafasan, meringankan stress, serta menunda penuaan dini. Namun untuk mendapatkan manfaat buah nanas untuk kesehatan secara optimal, sebaiknya buah nanas dikonsumsi dalam bentuk segar karena enzim-enzim yang terkandung didalamnya tidak tahan dengan panas tinggi.


Vitamin & Mineral


Buah nanas juga dikenal memiliki kandungan mineral dan vitamin yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah nanas terdapat kandungan mineral kalsium 19 mg, fosfor 9 mg, zat besi 0,2 mg, vitamin A (20 RE) , B1 (0,08 mg), B2 (0,04 mg), vitamin C (20 mg), niasin (0,2 gr), dan serat (0,4 gr). Kandungan vitamin A dan C yang tinggi dalam nanas sangat baik sebagai anti oksidan. 


Begitu juga kandungan energi dalam buah nanas sebanyak 50 kalori, protein 0,4 mg, lemak, 0,2 gram, dan karbohidrat 13 gram. Meskipun kandungan gula nanas cukup tinggi, namun tidak berbahaya bagi penderita diabetes karena telah dinetralisir oleh enzim bromelin dan peroksidase. 


Selain itu, kandungan serat yang ada maupun kandungan airnya yang cukup tinggi juga bermanfaat dalam membantu melancar proses pencernaan dan penyerapan gizi dalam tubuh, serta mengatasi penyakit wasir.  

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan