Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang, memakan daging memiliki kenikmatan tersendiri. Namun bagi sebagian orang yang lain, menjadi vegetarian dan menghindari daging adalah jalan yang tepat. Mereka percaya bahwa manfaat vegetarian sangat berguna bagi kehidupan.

Vegetarian adalah sebutan untuk sekelompok orang yang mengkonsumsi segala produk makanan dari tumbuh-tumbuhan dan berusaha menghindari produk makanan hewani. Orang-orang vegetarian beranggapan bahwa mereka bisa hidup lebih sehat bila tidak mengkonsumsi makanan dari hewan, seperti ayam, sapi, maupun hewan lainnya.


Manfaat Vegetarian


Sampai saat ini, banyak orang yang sudah merasakan keuntungan menjadi vegetarian, terutama dalam masalah kesehatan. Tak hanya itu, para ahli kesehatan pun sependapat bahwa vegetarian memang memiliki pengaruh sangat positif bagi tubuh.


Berikut ini adalah sederet manfaat vegetarian yang mungkin belum Anda ketahui.

Bebas kanker

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan, pemakan daging memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker daripada vegetarian. Para ahli menyimpulkan bahwa produk-produk tumbuhan seperti sayur dan buah memiliki banyak zat kimia penting yang berfungsi menekan resiko kanker, misalnya zat antioksidan dan beberapa zat fitokimia.

Bebas penyakit kolesterol

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk daging atau hewani bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kolesterol jahat yang terus meningkat akan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Mencegah obesitas

Manfaat vegetarian yang lain adalah bisa menjaga kelangsingan tubuh Anda. Pernahkah Anda mendengar bahwa orang yang diet harus mengkonsumsi daging? Tentu tidak pernah. Sebaliknya, mereka harus memperbanyak memakan sayur dan buah yang memiliki kandungan lemak dan kalori rendah tapi tinggi akan serat.


Sebenarnya, kegemukan adalah salah satu problem kesehatan. Dengan tubuh yang mengalami obesitas, tubuh akan mudah terserang penyakit berbahaya seperti diabetes atau jantung koroner.

Memperkuat tulang

Menurut penelitian, tulang memang akan kuat bila mendapat pasokan kalsium yang cukup. Namun, ketika Anda mengkonsumsi produk hewani yang sangat kaya akan protein, protein yang berlebih ini bisa menghalangi penyerapan kalsium pada tubuh, sehingga tubuh mencuri kalsium dari tulang dan menyebabkan tulang keropos.


Para vegetarian umumnya mengkonsumsi kalsium dari beberapa jenis tumbuhan seperti sayur bayam, brokoli, kacang-kacangan, atau singkong.

Bebas gangguan menopause

Salah satu manfaat vegetarian adalah meminimalisir segala gangguan menjelang menopause yang umum terjadi pada wanita. Saat akan mengalami menopause, hormon estrogen wanita akan turun dan menyebabkan sederet gangguan, baik fisik maupun mental. Misalnya tubuh terasa sakit, tidak nyaman, emosi tidak terkendali, dll.


Semua gangguan tersebut bisa cukup diredam dengan mengkonsumsi jenis-jenis sayuran atau buah tertentu. Contohnya kedelai yang sangat kaya akan fitoestrogen, yaitu suatu zat yang memiliki karakteristik sangat mirip dengan estrogen, karena itu kedelai sering disebut sebagai sumber estrogen alami.

Tidak tertular penyakit hewan atau keracunan

Beberapa produk makanan hewani bisa tercemar penyakit tertentu, misalnya penyakit sapi gila atau flu burung. Beberapa bakteri merugikan bahkan bisa ditularkan pada manusia lewat hewan, misalnya salmonella atau kampilobakter yang ditularkan lewat ayam.


Tak hanya itu, produk ikan pun bisa memiliki beberapa efek buruk pada kesehatan karena mengandung logam berat seperti merkuri yang bisa menyebabkan pencemaran dalam tubuh.

Berumur lebih panjang

Manfaat vegetarian paling besar adalah Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk berumur panjang daripada non vegetarian. Hal ini dikarenakan Anda yang menjadi vegetarian akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang akhir-akhir ini menjadi penyebab utama akan meninggalnya seseorang.


Itulah sederet manfaat vegetarian yang ternyata sangat baik bagi kesehatan. Selain bisa menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit, Anda pun bisa berhemat. Seperti yang Anda ketahui, saat ini harga-harga produk hewani seperti daging atau telur sangatlah mahal. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadi vegetarian, bukan?

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan