Mencegah Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia. Salah satu yang paling sering muncul akibat adanya masalah pada kadar kolesterol ini adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini muncul bukan diakibatkan oleh keturunan atau penyakit bawaan, melainkan disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

Salah satunya disebabkan oleh makanan yang kurang sehat, sehingga menimbulkan kolesterol tinggi, yang lambat laun akan menyumbat pembuluh darah dalam tubuh yang menuju ke jantung. Akibatnya, penyumbatan ini menjadikan peredaran darah kurang lancar dan menjadi penyebab penyakit jantung koroner.

Pada jaman dulu, penyakit jantung identik dengan penyakit yang diderita manusia berusia lanjut. Namun, seiring dengan pergeseran kehidupan, kini ancaman penyakit jantung ini bisa menyerang manusia pada berbagai lapisan usia. Oleh karenanya, sejak dini kita harus mewaspadai hal ini. Sebab, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama pada manusia.

Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengendalian pola makan. Pola makan yang baik salah satunya diawali dari pemilihan menu makanan yang tidak berpotensi menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Seperti kebiasaan makan daging kambing secara berlebihan, atau juga makanan lain yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, semakin banyaknya bisnis kuliner yang menjamur, menjadi salah satu penyumbang meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini terutama akan menyerang mereka yang gemar menikmati makanan dari rumah makan secara sembarangan. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam setiap menu masakan yang disajikan oleh rumah makan pasti akan dibubuhi penyedap rasa. Hal ini merupakan salah satu sumber peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oleh karena itu, bagi Anda yang lebih menyukai untuk membeli masakan di luar rumah, ada baiknya mulai mengubah kebiasaan ini. Sebab, belum tentu menu yang disajikan tersebut sesuai bagi kesehatan tubuh manusia. Jangan mudah tertipu oleh lezatnya sajian yang dihidangkan, karena bisa jadi rasa lezat tersebut disebabkan oleh pemberian zat penyedap rasa secara berlebihan. Jika hal ini terjadi terus menerus, secara jangka panjang akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak yang merupakan indikasi tingginya kadar kolesterol.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Salah satu cara paling efektif dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh manusia adalah melalui pola makan. Diantaranya, dengan cara mengatur dan memperbaiki menu makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bisa dihindarkan serta tubuh akan menjadi lebih sehat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengkonsumsi makanan sehat untuk mencegah melojaknya kadar kolesterol dalam tubuh manusia diantaranya adalah dengan cara :

Konsumsilah susu yang lebih memiliki kadar kandungan lemak rendah untuk menggantikan susu cair.Mengurangi asupan daging dan telur. Dalam seminggu, sebaiknya jumlah daging yang dikonsumsi adalah 3-5 ons atau maksimal tiga kuning telur. Pilihlah menu daging yang bebas dari kandungan lemak. Kurangi mengkonsumsi kulit pada masakan yang berasal dari unggas.Kurangi makan makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Apabila hendak menikmati makanan yang digoreng, pastikan minyak yang digunakan adalah minyak nabati atau rendah kolesterol.Sangat diutamakan menikmati makanan yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang.Jika memungkinkan, gunakanlah minyak zaitun, karena minyak ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan