Mengenal dan Menaklukkan Dunia Bisnis

Dunia bisnis laksana magnet yang menarik khalayak untuk melirik dan mengenalinya lebih jauh. Bisnis merupakan suatu aktivitas yang menawarkan jasa atau menjual barang kepada konsumen, dengan perolehan laba. “Laba,” di sanalah kita menaruh harapan guna penghasilan yang lebih baik.

Keuntungan dan Kepemilikan

Bisnis tak hanya berbicara untung-rugi, kreativitas pikir dan memanfaatkan peluang merupakan faktor penentu keberhasilan langkah Anda. Idealnya, aktivitas bisnis haruslah mendatangkan keuntungan. Usaha, waktu, dan hasil berpikir Anda layak dihargai dengan kepuasan laba yang didapat. 

Ada juga bisnis yang tak hanya mengejar rupiah semata. Bisnis koperatif misalnya, tujuannya meningkatkan kesejahteraan institusi pemerintah dan semua anggotanya tentunya. Bisnis koperatif  juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh masyarakat umum, serikat pekerja atau pemerintah.

Bentuk dasar kepemilikan bisnis pun beragam. Seperti perusahaan perseorangan, di mana kepemilikannya dipegah oleh satu orang, dengan berbagai tanggungan risiko, tanpa takut disalahkan atasan. Ada juga yang dinamakan koperasi, persekutuan, serta perseroan. Perseroan merupakan bisnis yang diawasi dewan direktur yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang. Setiap pemilik pun memiliki tanggung jawab yang terbatas terhadap harta perusahan.

Manajemen

Manajemen yang diterapkan pun akan mempengaruhi laju bisnis yang tengah ditapaki. Dengan sebuah manajemen, bisnis akan lebih efektif dan efisien. Seperti manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasi, strategi, intelejen bisnis, teknologi informasi serta manajemen produksi.

Dalam pengklasifikasiannya, Anda dapat menyelami bisnis dengan berbagai aktivitasnya. Bisnis transportasi misalnya, Anda dapat meraup keuntungan dengan mengantarkan costumer dari suatu tempat ke tempat lain. Jika Anda pandai memproduksi barang-barang mentah seperti tanaman mineral atau barang tambang, maka lakonilah bisnis pertanian dan pertambangan.

Marketing dan Pemasaran

Dunia bisnis tak lepas dari perburuan manusia. Urgenitasnya dalam memperbaiki taraf hidup memberi ruang khusus dalam laju perekonomian. Peranan marketing pun tak dapat diabaikan. Marketing atau pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai jasa atau atau untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Marketing yang apik tentu akan memuluskan bisnis Anda.

Dalam pemasaran bisnis, ada poin penting yang tak bisa dipandang sebelah mata, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi). Produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, tempat yang strategis serta promosi yang gencar adalah hal yang wajib diperhatikan. 

Keempat hal tersebut merupakan faktor  penting dalam keberhasilan dan usia bisnis Anda. Anda tentu tak ingin jika bisnis yang dijalani hanya seumur jagung. Produk atau jasa yang Anda sajikan pun harus mengerti keinginan pasar atau konsumen. Hal itu menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan atau bisnis yang tengah Anda kelola.

Jangan puas di situ saja, lakukanlah pemasaran yang berkesinambungan, dengan adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja). Dengan hal ini, Anda mampu merasakan dahsyatnya keuntungan yang diperoleh, tanpa mengabaikan sinergi. Jangan ragu untuk mengenal dunia bisnis, dipadu dengan langkah yang optimis.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan