Mengenal Jenis dan Pengertian Vegetarian

Vegetarian belakangan makin banyak diminati orang dan menjadi trend gaya hidup yang cukup banyak dipilih. Banyak alasan orang memilih menjalani pola hidup vegetarian, seperti karena alasan agama, alasan menjaga kesehatan, menjaga lingkungan, dan berbagai alasan lainnya.

Meskipun demikian masih banyak orang yang belum mengerti dan memahami dengan benar pengertian vegetarian dan menganggapnya hanya sebagai pemakan sayuran belaka.


Tradisi dan kebiasaan vegetarian sebenarnya telah dilakukan orang sejak lama. Kebiasaan ini pada awalnya merupakan ajaran suatu agama, namun kemudian berkembang menjadi suatu gaya hidup.  Apalagi dengan makin tingginya sejumlah penyakit degeneratif yang mematikan yang ditengarai akibat makan makanan dari hewani yang banyak mengandung kolesterol, seperti penyakit jantung, hipertensi, maupun diabetes.. 


Vegetarian Society


Istilah vegetarian berasal dari kata vegetus yang berarti keseluruhan, hidup, segar, sehat, sehingga pengertian vegetarian adalah orang yang memakan semua jenis makanan segar dan sehat dan menghindari memakan makanan dari unsur hewani. Istilah vegetarian digunakan pertama kali pada tahun 1847 saat berdirinya sebuah komunitas di Inggris yang menghidari memakan daging yang bernama Vegetarian Society.


Namun vegetarian menurut komunitas ini masih memasukkan unsur telur dan hasil ternak perah ikutannya, seperti susu, keju, dan sebagainya. Sehingga vegetarian bagi mereka lebih pada pemahaman menjauhi makanan dari daging-dagingan. Dalam perkembangannya, kelompok ini menyebar ke berbagai belahan dunia.


Sebagai sebuah gaya hidup, vegetarian juga cepat diterima masyarakat. Pra artis top dunia tak sedikit pula yang menjalani gaya hidup baru ini. Berbagai restoran atau rumah makan khusus vegetarian juga bermunculan. Selain itu, tak sedikit pula restoran besar yang selalu menyiapkan menu vegetarian bila ada konsumen yang memintanya. 


Jenis Vegetarian


Istilah vegetarian sebenarnya bukan berasal dari kata vegetable atau tanaman non biji, sehingga pengertian vegetarian bukan berarti orang yang murni hanya mengkonsumsi sayuran non biji dan menghindari makanan lainnya. Hal ini berhubungan dengan jenis vegetarian yang setidaknya dapat dibagi lagi dalam 3 kelompok yaitu :

Semi Vegetarian (Pesco atau Pollo Vegetarian), yaitu kelompok vegetarian yang masih mengkonsumsi jenis makanan ikan, susu, telur, beberapa jenis daging tertentu seperti ayam namun menghindari jenis daging yang berwarna merah.Lacto-evo Vegetarian, yaitu kelompok vegetarian yang sudah menghindari berbagai jenis daging maupun ikan, namun masih memakan produk-produk ikutan hewani, seperti susu, telur, maupun keju. Dalam kelompok ini terdapat dua kelompok, yaitu mereka yang memakan telor namun menghindari susu yang disebut ovo vegetarian, dan kelompok yang mengkonsumsi susu tapi tidak memakan telor disebut lacto vegetarian.Vegan Vegetarian, yaitu vegetarian yang murni meninggalkan semua makanan dari daging, ikan maupun produk ikutannya dan hanya mengkonsumsi makanan dari sayuran, tanaman biji-bijian, dan buah-buahan. Bahkan berbagai produk selain makanan namun dari hewan untuk kepentingan busana, kosmetik dan lainnya juga dijauhi. Selain itu, kelompok ini juga dikenal menghindari semua produk serangga dan turunannya, seperti madu, royal jelly. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan