Mengenal Serta Mengetahui Manfaat Buah Sawo

Entah dari mana sebutan bagi buah sawo tersemat untuk buah dengan karakteristik warna cokelat tua dan kasar (masih muda atau belum matang) atau cokelat muda dengan permukaan halus (untuk buah yang matang), lonjong atau bulat telur dengan diameter sekitar 6-7 cm dan panjang 10 cm, serta manis ini.

Barangkali “panggilan” sawo mengadopsi bahasa Inggrisnya (sapote), walau terdengar agak maksa namun aneh juga menyadari bahwa Malaysia yang bekas jajahan Inggris saja tak mengadopsi istilah Sapote menjadi sawo, zapo, atau sekitar itu, melainkan menyebutnya dengan Ciku.

Terlepas dari sebutan-sebutan sawo yang sungguh bervariasi bergantung pada negara dimana sawo tersebut tumbuh dan dikonsumsi, sawo adalah salah satu diantara 14 jenis buah yang hampir punah di Indonesia, padahal manfaat buah sawo sangatlah banyak, terutama untuk kesehatan.

Jenis-Jenis Sawo

Sebelum mengulas manfaat buah sawo, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis sawo itu sendiri. Buah sawo memiliki 7 spesies, yaitu sawo manila (Achraz Zapota), sawo hijau (Chrysophillum Cainito), sawo hitam (Diospyros Digyna), sawo hitam (Diospyros Nigra), sawo kecik (Manilkara Kauki), sawo manila (Manilkara Zapota), yang masing-masing spesiesnya memiliki kerabat dekat sendiri-sendiri, misal: sawo hitam (Diospyros Digyna) berkerabat dekat dengan buah Semek (Diospyros kaki Thunb), Culiket (Diospyros malabarica (Descr.) Kostel.) dan buah mentega (Diospyros blancoi A. DC.), namun masih belum ada penelitian yang pasti apakah manfaat buah sawo satu dengan jenis yang lainnya berbeda.

Keunikan dan Tumbuh Kembang Sawo

Sebenarnya tak ada kriteria khusus mengenai lingkungan yang sesuai untuk ditumbuh suburi oleh tanaman sawo ini. Lingkungan yang berbeda tidak akan mempengaruhi manfaat buah sawo karena buah ini termasuk dalam tumbuhan yang mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi (toh sawo baru akan matang dengan sempurna setelah dipetik, bukannya matang di pohon).

Di samping itu keunggulan tanaman sawo ini ialah ketahanannya terhadap kekeringan, praktis lima bulan musim kemarau. Pohon sawo sangat sesuai untuk daerah yang rawan erosi, hal ini dikarenakan akarnya cukup kuat menghujam ke tanah. Tanaman ini bisa dijadikan pilihan sebagai pajangan halaman rumah, karena kemampuannya untuk tumbuh di tempat yang tertutup maupun terbuka.

Manfaat Buah Sawo

Ibarat dari ujung rambut hingga ujung kaki, buah ini mulai dari kayu, kulit hingga biji sawo miliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Mari kita kelupas satu persatu:

Kayu

Kayu dari tanaman ini sering digunakan untuk bahan perabotan rumah tangga dan patung atau ukir-ukiran, terutama kayu pohon sawo kacik. Namun kayu pohon sawo kurang bagus untuk dijadikan kayu bakar apalagi bahan bangunan.

Daun

Daunnya pun memiliki struktur anatomi yang unik seperti manusia, memiliki costae (versi manusia: tulang iga, versi sawo: ibu tulang dari ujung hingga pangkal daun), epidermis atas, bawah, nervus lateralis, vena, dll. Daun sawo ini sangat bermanfaat untuk radang mulut.

Kulit

Kulit sawo mengandung tannin, yakni suatu senyawa yang bermanfaat sebagai antimikroba (bakteri dan virus) sehingga dapat dipakai untuk menghentikan diare.

Buah

Inilah bagian yang paling disukai, rasa manisnya khas, yakni: manis masir (seperti ada pasir manis yang segar di dalamnya). Salah satu manfaat buah sawo ini adalah untuk mengobati diare atau mencret,

Biji

Biji sawo mengandung saponin, yaitu suatu glikosida yang bagi tanaman itu sendiri bermanfaat sebagai penyimpan karbohidrat, atau merupakan wasteproduct dari metabolisme tumbuhan ini sendiri. Namun sayangnya saponin dapat menyebabkan sakit perut, tapi agaknya ada manfaatnya juga racun ini bagi kita, yakni sebagai pelindung terhadap serangan dan merupakan racun kuat untuk ikan dan amfibi.

Begitu banyak keunikan dan manfaat buah sawo bukan?! Selamat menikmati…


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan