Peluang Kerjasama Usaha dengan Siapapun

Siapakah mempunyai peluang kerjasama usaha dengan siapapun? Memang ada yang bisa menjalin peluang kerjasama usaha dengan siapapun?

Jujur dan Dipercaya

Orang jujur dan dapat dipercaya adalah orang yang mempunyai peluang kerjasama usaha dengan siapapun. Kisah Rasulullah meyakinkan Khadijah agar diberi kepercayaan mengelola bisnis Khodijah yang pada masanya adalah seorang konglomerat merupakan contoh nyata betapa kejujuran dapat membuahkan peluang kerjasama usaha.

Rasulullah yang tidak memiliki harta akhirnya mendapatkan kepercayaan dari Khodijah untuk berniaga. Kalau saja Muhammad muda tidak terkenal dengan gelar ‘Al-Amin’, tidak mungkin Khodijah mau begitu saja memberi kesempatan kepada pemuda Muhammad.

Kemampuan dan Kompetensi

Selain jujur dan dapat dipercaya, hal lain yang harus dimiliki agar bisa mendapatkan peluang kerjasama usaha dengan siapapun adalah kemampuan dan kompetensi. Kemampuan manajerial, kemampuan mengatur waktu dan keuangan serta kompetensi yang dibutuhkan pada bidang yang akan digeluti. Kompetensi memang bisa diasah melalui pengalaman, pelatihan, dan belajar tiada henti tapi dasar pengetahuan tentang hal yang akan ditekuni cukup penting.

Kerja Keras, Pantang Menyerah, Disiplin, Tekun, dan Rajin

Sifat selanjutnya yang harus dimiliki agar dapat peluang kerjasama usaha dengan siapapun adalah kerja keras, pantang menyerah, disiplin, tekun, dan rajin. Memang tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari orang yang akan diajak kerjasama apalagi bila reputasi belum terbangun dengan baik.

Waktu yang cukup memang dibutuhkan untuk membuktikan kualitas seseorang. Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup yang ditulis dengan baik dan sangat profesional sekalipun belum tentu bisa membuat orang lain percaya.

Pengetahuan Bisnis

Mempunyai pengetahuan bisnis terutama bisnis yang akan ditekuni. Pengetahuan tentang lingkungan dan pasar yang akan dimasuki termasuk hal-hal yang di luar bisnis, seperti jasa keamanan dan cara menangani para preman, para oknum aparat nakal, dan lain-lain. Juga mempunyai pengetahuan tentang perundang-undangan mengenai perijinan, pajak, kepegawaian, asuransi, dan pengetahuan tentang akutansi. Cukup banyak hal yang harus dikuasai agar dapat menjadi orang yang bisa mendapatkan peluang kerjasama dengan siapapun.

Cara Meyakinkan Orang Lain

Untuk mendapatkan peluang kerjasama usaha dengan orang lain, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

Bila sudah mempunyai usaha sebelumnya, catatan perkembangan usaha (pembukuan dan dokumentasi) tersebut harus rapi sehingga orang lain dapat mengetahui apakah usaha yang sudah dilakukan berkembang dengan baik atau tidak. Bukti lebih berbicara daripada angka-angka atau sekedar kalimat-kalimat di atas kertas.Mulailah segala sesuatu dengan kejujuran dan keterbukaan. Buatlah MoU (Memorandum of Understanding) yang jelas. Harus ada disclaimer atau pernyataan tidak bertanggung jawab terhadap apa yang tidak menyangkut bisnis yang akan dijalankan. MoU dan disclaimer tersebut harus sudah dibuat di awal kerjasama agar masing-masing pihak tahu mana hak dan mana kewajibannya masing-masing.Kemampuan negosiasi dalam mencari win-win solution sangat dibutuhkan. Perdebatan boleh tapi hendaknya menghindari debat yang tak berujung pangkal. Bila tujuan dan referensi dalam berdebat berbeda, akan sulit mencari titik temu. Bila ini terjadi, apresiasi pendapat orang lain. Dudukan persoalan pada tempatnya dengan tidak memposisikan diri pada tempat yang selalu benar.

Peluang kerjasama usaha sangatlah banyak. Silaturrahmi adalah salah satu jalan membuka pintunya. Jaga reputasi dan nama baik agar kepercayaan orang selalu datang.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan