Rumah Makan Vegetarian dan Trend Gaya Hidup Sehat

 Makin banyaknya jenis penyakit yang muncul seiring perkembangan jaman yang makin kompleks, mendorong sebagian orang untuk memilih pola hidup yang lebih sehat. Salah satu gaya hidup yang belakangan banyak dipilih dan diikuti adalah menjadi vegetarian, yaitu orang yang menghindari makanan daging dan atau produk ikutan dari makanan hewani. Sejumlah rumah makan vegetarian pun bermunculan melengkapi trend baru tersebut.

Kebanyakan orang yang memilih gaya hidup vegetarian terutama dilandasi alasan kesehatan. Meskipun demikian ada juga yang didorong oleh perintah agama tertentu, kepedulian terhadap lingkungan, maupun karena faktor lainnya. Vegetarian juga menjadi pilihan diet bagi sebagian orang dengan tujuan tertentu, seperti untuk tampil lebih cantik dan lebih menarik.


Macam Menu


Meskipun vegetarian menghindari makanan daging hewan, namun ada beberapa kelompok vegetarian yang masih mengkonsumsi ikan, maupun produk ikutan dari hewan, seperti susu, telur, keju, dan sebagainya. Karena kepentingan masing-masing orang yang menjalani pola hidup vegetarian berbeda-beda, maka terdapat beberapa jenis atau kelompok vegetarian yang dibedakan berdasarkan makanan yang dikonsumsi. 


Untuk memenuhi permintaan konsumen spesifik semacam ini, dan tentunya juga merupakan peluang bisnis yang cukup prospektif, tak sedikit rumah makan vegetarian yang kemudian bermunculan. Rumah makan semacam ini memang menyediakan menu khusus dengan bahan-bahan yang hanya berasal dari tanaman dan sayuran. Begitu juga dengan bumbu yang digunakan maupun cara pengolahannya, tak mengurangi lezatnya menu vegetarian dibandingkan makanan umumnya yang menggunakan unsur daging hewani.


Belakangan, kreatifitas dalam membuat menu makanan sehat dari berbagai bahan nabati juga makin berkembang. Untuk membuat masakan seperti daging yang kenyal dan agak keras, bisa dibuat dari berbagai bahan lainnya, seperti tepung ataupun jamur. Bahkan tak sedikit restoran, hotel, maupun rumah makan yang mampu menyediakan menu masakan jamur namun rasanya seperti daging dan tentunya sangat lezat.


Manfaat Kesehatan


Sejumlah penelitian memang menemukan korelasi yang positif antara pola hidup vegetarian dengan tingkat harapan hidup. Diantaranya, orang yang mengikuti atau menjadi vegetarian memiliki umur lebih panjang, lebih sehat, awet muda, serta terhindar dari berbagai penyakit mematikan. Apalagi berbagai jenis penyakit degeneratif, seperti jantung, diabetes, hipertensi, dan kanker lebih disebabkan pola makan yang tidak sehat, terutama dari produk hewani yang banyak mengandung kolesterol.


Begitu juga manfaat sayuran dan buah-buahan yang menjadi makanan utama pelaku vegetarian, ternyata mengandung banyak gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.


Begitu juga buah-buahan mengandung banyak zat yang mampu menangkal radikal bebas, anti kanker, dan mencegah berbagai macam penyakit. Gaya hidup maupun trend vegetarian tampaknya memberikan peluang bagi rumah makan vegetarian untuk menyediakan menu makanan sehat yang makin dibutuhkan masyarakat yang makin sadar akan kesehatannya.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan