Capai Berat Badan Ideal dengan Menu Diet Seimbang

 

Berbadan besar bagi sebagian orang cukup mengganggu karena menyebabkan kurangnya rasa percaya terhadap penampilan diri sendiri. Mereka akan berusaha dengan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya. Namun, menurunkan berat badan dengan diet yang tidak benar akan menimbulkan sindrom yoyo, di mana berat badan akan turun dengan cepat namun akan kembali naik dengan cepat pula. Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang menu diet seimbang agar berat badan ideal yang diimpikan dapat tercapai.


Dalam menu diet seimbang harus terdapat elemen-elemen makanan yang diperlukan tubuh seperti berbagai vitamin, mineral, kalsium dan zat besi. Jika elemen-elemen tersebut tidak terpenuhi dalam menu diet seimbang, tubuh akan kekurangan elemen-elemen tersebut dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.


Menu diet seimbang harus mengandung unsur empat sehat dan lima sempurna, yaitu terdapat karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air dalam jumlah yang seimbang. Jika salah satunya terlalu banyak, berlebihan atau bahkan kekurangan, maka akan menyebabkan diet yang kita lakukan tersebut menjadi tidak seimbang.


Karbohidrat bisa ditemukan pada beras, gandum, dan sagu. Karbohidrat tidak bisa dihilangkan dari menu makanan kita karena karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita. Selain karbohidrat, tubuh juga memerlukan lemak yang bisa ditemukan pada berbagai menu daging, kuning telur, kacang-kacangan, susu dan berbagai olahan berbahan dasar susu.


Pada menu daging, selain mendapatkan elemen lemak, kita juga akan mendapatkan protein yang merupakan zat pengatur dalam tubuh. Selain itu, lemak dan protein ini juga berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh kita. Vitamin, mineral dan air dapat ditemukan pada buah-buahan dan berbagai macam sayuran.


Selain mengatur jenis makanan yang masuk dalam menu diet seimbang, proses pemasakan juga berpengaruh dalam menentukan berhasil tidaknya program diet yang kita lakukan. Makanan yang sehat bagi tubuh adalah makanan yang proses pemasakannya tidak memakan waktu lama. Karena pada saat pemasakan, vitamin dan mineral yang terkandung terutama di dalam sayur dan buah-buahan akan larut dan hilang.


Pisang Sebagai Menu Diet


Pisang mengandung kalori tinggi dan dapat digunakan untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Dibandingkan dengan buah-buahan yang lain, kandungan air yang terdapat pada pisang sangat sedikit sehingga itulah yang menyebabkan kalori yang dimiliki pisang sangat tinggi. Setiap 100 gram pisang mengandung 27,2 gram karbohidrat, 17mg kalsium, 7mg vitamin C, 1,2 gram protein dan 400 mg serat.


Jenis pisang apapun sama. Memiliki kandungan yang sama. Jika pisang dipadukan dengan susu, kedua jenis makanan ini akan merupakan menu diet seimbang yang sangat baik bagi proses penurunan berat badan.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan