Tips Menjalankan Diet Seimbang

Banyak wanita yang menginginkan tubuhnya indah, seksi, ramping, dan menawan. Berbagai upaya dilakukan agar tubuh ideal tersebut menjadi kenyataan. Diet seimbang menjadi salah satu upaya yang harus dilakukan agar bisa memperoleh tubuh yang ramping.

Alasan Diet

Banyak alasan orang melakukan diet. Sebagian besar di antaranya karena masalah penampilan. Banyak wanita yang ingin terlihat ramping sehingga lebih percaya diri dan disukai banyak pria.

Namun sebagian lainnya menjalankan diet karena kesehatan atau penyakit. Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang mengharuskan penderitanya melakukan diet guna kelancaran dan kemudahan proses penyembuhan.

Bagi mereka yang melakukan diet untuk kesehatan, rata-rata melakukan diet karena bobot tubuh yang terlalu gemuk serta khawatir kegemukannya akan menyebabkan gangguan pada organ tubuh.

Ada pula yang sudah memiliki tubuh yang bagus, namun tetap melakukan diet untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya tipe orang yang melakukan diet untuk kesehatan ini lebih sadar bahwa merawat dan menjaga lebih penting daripada mengobati. Mereka sadar betul akan pentingnya investasi kesehatan dalam hal menjaga kesehatan tubuh dengan menjalankan program diet yang seimbang.

Diet Ekstrem

Banyak orang melakukan diet secara ketat, sangat ekstrem. Rata-rata mereka tidak makan nasi secara tiba-tiba dengan harapan bobot tubuh mereka bisa segera turun dengan cepat. Banyak pula yang menghilangkan jam makan tertentu dengan harapan yang sama yakni bobot tubuh cepat turun karena tidak ada asupan makanan. Biasanya jam makan malam atau sarapan yang dihilangkan.

Rata-rata orang yang melakukan diet ekstrem hanya makan satu kali dalam satu hari. Mereka lebih banyak mengkonsumsi multivitamin agar tubuhnya tetap fit. Padahal, multivitamin hanyalah ekstrak saja, kandungan alami dari buah-buahan atau sayuran tidak kita dapatkan. Sesungguhnya, lebih baik mengkonsumsi sayur dan buah segar dibanding mengkonsumsi multivitamin.

Diet seimbang mesti dilakukan bagi mereka yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ramping. Bukan dengan cara-cara ekstrem karena akan bisa merusak organ dalam tubuh. Organ dalam tubuh akan kaget jika diet ekstrim kita terapkan. Dietlah dengan perlahan agar tubuh bisa beradaptasi sehingga organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan normal.

Tips Diet Seimbang

Bagi mereka yang menginginkan tubuh ramping, perlu disiplin menerapkan pola diet seimbang. Disiplin dalam arti teratur dan tepat dalam menjalankan program diet.

Diet seimbang bagi mereka yang ingin memiliki tubuh ramping yakni tetap makan pada jam-jam makan dan jangan pernah menghilangkan salah satu jam makan. Jika salah satu jam makan dihilangkan, pada jam makan berikutnya nafsu makan akan lebih besar sehingga organ tubuh akan kaget dan mengalami gangguan.

Makanlah seperti biasa, hanya saja atur porsinya saja. Kurangi porsi makan dari biasanya dan mulakan dengan makan buah-buahan terlebih dahulu sebelum makan berat atau makan nasi. Makan buah di awal akan membuat perut merasa kenyang sehingga porsi makan berat Anda akan berkurang.

Konsumsi air putih minimal dua liter atau setara dengan delapan gelas per hari. Perbanyak makan serat dibanding makan daging saat makan berat. Untuk kebutuhan asupan protein, bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti tempe. Juga perbanyak minum jus buah dan sayur jika asupan makan nasi benar-benar dikurangi.

Untuk pilihan menu, Anda bisa makan roti gandum dan jus. Bisa mengkonsumsi jus buah tomat, jus apel, jus jambu, jus wortel atau jus sawi.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak banyak. Jika pun Anda terpaksa mengkonsumsinya karena tidak kuat menahan keinginan, cukup mengkonsumsi sedikit saja, jangan dalam porsi yang normal. Sekadar mencicipi agar rasa penasaran tidak mengganggu pikiran Anda.

Dalam menjalankan diet seimbang, tidak hanya keinginan dan niat besar semata. Lebih penting lagi mampu menjalankannya dengan teratur dan benar. Jika bisa menerapkannya, diet seimbang yang Anda lakukan bukan lagi merupakan aktivitas diet, melainkan menjadi gaya hidup sehat.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan