Manfaat Makanan Vegetarian

 Makanan vegetarian sudah tidak asing lagi bagi kita. Kini semakin tinggi kesadaran seseorang untuk mulai hidup sehat dan mengatur pola makan yang baik.  Makanan vegetarian ini pada dasarnya tidak mengandung unsur daging dan sejenisnya.  Dalam artian makanan yang dibuat tidak mengandung bahan yang berasal dari daging seperti sapi, ayam, dan lainnya.

Tapi, jangan salah dalam memakai bumbu dapur untuk memasaknya.  Ada sebagian orang yang hanya makan bahan makanan vegetarian tanpa kandungan bawang putih maupun bawang merah.  Memang tidak mudah dalam menentukan makanan vegetarian yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu diperlukan pengolahan kusus dalam menentukan menu makanan vegetarian ini.


Manfaat Makanan Vegetarian


Pada awalnya makanan vegetarian ini digunakan sebagai program diet bagi beberapa penderita penyakit yang harus menghindarkan makanan berlemak tinggi atau yang mengandung kolesterol jahat, namun lambat laun makanan vegetarian ini menjadi kebutuhan dan digunakan sebagai pola makan sehat.


Selain itu, manfaat makanan vegetarian ini adalah untuk mengurangi kelebihan berat badan yang dapat memicu timbulnya beberapa penyakit lain seperti serangan jantung atau darah tinggi.  Diet dapat dilakukan dengan mengganti pola makan seperti makanan vegetarian ini.


Kelebihannya adalah, dari makanan vegetarian ini asupan gizi dan serat yang diterima oleh tubuh dalam jumlah cukup sama dengan jumlah kalori yang dihasilkan dari produk daging. Selain gizi yang seimbang, makanan vegetaria ini juga menyehatkan proses pencernaan dalam tubuh karena kandungan serat dari sayur-sayuran maupun buah.


Manfaat terpenting dari makanan vegetarian ini adalah dapat membantu proses metabolisme tubuh dalam menjalankan fungsinya, dan membuat kerja dari usus maupun lambung tidak terlalu berat dalam pengolahan.  Proses pencernaan yang lancar akan membantu sirkulasi dalam tubuh menjadi lebih baik lagi.


Dari segi biaya, makanan vegetarian ini jelas lebih murah karena tidak mengeluarkan biaya lebih untuk daging dan sumber hewani lainnya.  Ini membuktikan bahwa hidup sehat tidaklah harus mahal.  Pengaturan pola makanan dan pola hidup yang sehat dapat dilakukan oleh semua orang tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.


Kini banyak rumah makan atau jasa katering yang menawarkan berbagai menu makanan vegetarian yang menggugah selera.  Anda jangan takut untuk memesan nuget atau burger, karena bahan yang digunakan bukan dari daging hewan melainkan kombinasi dari sayuran seperti kentang dan lainnya. 


Nah, jika ingin hidup sehat, silahkan mencoba menu makanan vegetarian ini sebagai diet sehat.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan