Diet Kalori Baik dan Benar

Diet kalori merupakan teknik diet dengan tidak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak kalori. Diet memiliki teknik tersendiri, di antaranya tidak asal diet, memperhatikan pola makan, memperhatikan yang dimakan, serta memperhatikan asupan gizi. Jangan sampai gizi berkurang gara-gara diet dan jangan sampai pula kita menjadi rentan penyakit gara-gara diet.

Diet yang salah malah akan membuat tubuh menjadi kekurangan gizi. Aktivitas pun akan terhambat dan pada akhirnya akan mempengaruhi semua aspek kehidupan hanya karena diet yang tidak sehat. Bagaimanapun, seharusnya diet membuat tubuh kita menjadi sehat dan menarik. Bukan sebaliknya.

Cara Diet Kalori yang Baik dan Benar

Diet harus sesuai dengan “peraturan”. Meski peraturan tersebut tidak tertulis, pada dasarnya, terdapat peraturan-peraturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pelaku diet, terutama diet kalori. Bagaimana caranya? Perhatikanlah langkah-langkah berikut.

Menghindari camilan yang tidak sehat. Camilan memang merupakan makanan ringan yang dianggap sepele oleh banyak orang. Banyak yang berpikir bahwa camilan tidak masalah. Toh, hanya sedikit. Saat kita mengonsumsi camilan, memang tidak akan terasa sedikit maupun banyaknya. Itu sebabnya kita tidak pernah sadar bahwa yang kita pikir sedikit itu lama-lama akan menjadi bukit bila terus dikonsumsi.Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral serta kaya serat yang berfungsi memberikan rasa kenyang lebih lama. Cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari untuk mengurangi keinginan mengonsumsi daging. Lihat saja dan bandingkan orang-orang yang suka mengonsumsi daging dengan orang-orang yang lebih suka mengonsumsi sayur. Mana yang lebih terlihat segar dan prima.Olah raga teratur. Bagaimanapun, diet kalori tanpa ada usaha lain, seperti olah raga, tidak akan berarti apa-apa. Fungsi olah raga adalah untuk membakar lemak yang ada pada tubuh, sedangkan fungsi diet kalori adalah untuk mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika dua hal ini dikombinasikan, akan menjadi kombinasi yang bagus (hasil yang memuaskan).Kurangi menggoreng. Makanan yang digoreng terbukti memiliki banyak lemak dibanding makanan yang dikukus atau direbus. Atur pola makan. Perlu diketahui bahwa satu sendok nasi putih mengandung 24 kalori. Itu sebabnya, sebelum makan, kita harus mengetahui aktivitas apakah yang akan kita lakukan di hari itu agar asupan kalori yang masuk ke tubuh tidak sia-sia.Mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membakar kalori, yaitu teh hijau, produk susu rendah lemak, dan air putih. Cobalah mengonsumsi ketiga minuman tersebut secara teratur untuk membantu proses Anda melakukan diet kalori.

Cobalah untuk mengaplikasikan cara-cara diet tersebut. Semoga berhasil!


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan