Cara Langsing Alami bagi Ibu Setelah Melahirkan

Hamil adalah salah satu kodrat wanita. Tak ada yang mampu membantahnya walau ada saja yang tak menghendakinya. Suatu kehamilan memang membutuhkan pengorbanan yang tiada terhingga bagi seorang wanita. Tidak hanya rasa sakit, rasa keki karena perubahan hormon juga membuat seorang wanita gelisah, resah tak menentu. Belum lagi rasa khawatir tubuh melar tak terkendali.

Akan tetapi, wanita yang baru melahirkan tidak boleh asal diet. Cara langsing alami perlu diketahui dan ditempuh oleh para ibu yang baru melahirkan. Kealamian ini sangat dibutuhkan karena ada pertumbuhan bayi yang masih harus diperhatikan.


Beberapa langkah yang bisa diambil untuk mendapatkan berat badan proporsional bagi ibu yang baru melahirkan tanpa mengganggu pertumbuhan bayi, adalah sebagai berikut.


“Makan yang banyak. Kan makan untuk berdua”. Kalimat itu sering kali meluncur tak henti dari bibir orang-orang di sekitar ibu hamil. Sesungguhnya ibu hamil tidak boleh berpikir bahwa dia makan untuk berdua. Walau bagaimanapun sisa karbohidrat akan menjadi lemak di tubuh ibu.


Ibu hamil harus tahu bagaimana hamil yang sehat. Hamil yang sehat adalah pertumbuhan janin sempurna tanpa ibu harus makan berlebihan. Jadi pada saat melahirkan, berat badan ibu hanya berlebih 3-5 kg saja. Tidak sampai kelebihan bobot hingga 10 kg.


Bagaimana agar hamil sehat? Makan tinggi protein. Karbohidrat sekadarnya saja. Air kacang hijau dan kacang-kacangan yang lain boleh dimakan dalam jumlah yang agak banyak. Vitamin E akan membuat kulit ibu lebih elastis dan tidak akan mengalami gatal-gatal terutama di sekitar perut.


Buah-buahan dan produk susu serta ikan hendaknya ada dalam menu ibu sehari-hari. Olahraga ringan harus tetap dilakukan. Selain untuk mengusir stres, olahraga dapat lebih menenangkan pikiran ibu hamil karena hormon endorfin keluar.


Pemberian ASI secara eksklusif selama kurang lebih 6 bulan, akan membuat berat badan ibu turun secara bertahap, dengan catatan bahwa ibu tetap menerapkan pola makan sehat. Selain itu, pemberian ASI eksklusif ini akan menambah ikatan emosi antara ibu dan anak.


Mempunyai baby sitter tidak dilarang. Tapi dengan mengurus semua keperluan bayi sendiri, maka energi yang terpakai akan membuat berat badan menurun dengan cepat. Tidak harus sampai mencuci pakaian sendiri bila ada fasilitas yang bisa membantu.


Jangan lupa bahwa ibu hamil membutuhkan tenaga yang besar untuk memproduksi ASI. Daun singkong rebus, daun katuk, daun pepaya adalah di antara sayuran yang sangat dianjurkan bagi para ibu yang baru melahirkan.


Lalapan dan salad juga sangat baik bagi ibu demi menjaga kualitas dan volume ASI bagi sang jabang bayi yang baru melihat dunia. Pola makan tinggi protein tetap harus diterapkan. Produk dari susu ini akan membuat kualitas ASI meningkat.


Ibu yang baru melahirkan tetap harus berolahraga, tapi ringan saja. Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan. Olahraga ini selain akan membuat berat badan ibu kembali normal, juga akan membuat kulit ibu kencang. Jalan kaki di sekitar rumah juga bagus bagi ibu dan bayinya. Olahraga ini juga menjadi salah satu cara menghindari terjadinya baby blues, suatu kondisi depresi setelah melahirkan.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan