Diet Jantung dengan Makanan Rendah Kolesterol

 Apa yang kita makan akan menentukan derajat kesehatan kita sendiri. Sehingga untuk memelihara kesehatan jantung, yang perlu dilakukan bukan semata diet jantung, yaitu diet terhadap sejumlah makan tertentu, namun yang terpenting adalah bagaimana mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol.

Untuk melakukan diet rendah kolesterol ini, jangan selalu diasumsikan memilih makanan mewah dan mahal. Sebenarnya, kekayaan negeri Indonesia telah menyediakan beragam pangan yang rendah kolesterol dengan tetap aman untuk Anda yang sedang diet jantung.


Ketika menjalankan program diet sehat rendah kolesterol, tidak hanya diperlukan disiplin tinggi dalam menjaga pola makan, tapi harus pula ditumbuhkan kesadaran bahwa menjalani program diet sehat rendah kolesterol ini dilakukan semata-mata karena pentingnya menjaga kesehatan.


Selain itu, perlu ditambah pula tentang pengetahuan nilai gizi dan takaran gizi yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh. Pengetahuan tentang makanan apa saja yang memiliki gizi tinggi, sama pentingnya dengan menjalani diet sehat rendah kolesterol itu sendiri.


Beberapa makanan sederhana di bawah ini bila dikonsumsi secara teratur, akan menyelamatkan anda dari serangan penyakit, termasuk di antaranya serangan jantung.


Beras Merah


Beras merah ini dihasilkan dari proses penggilingan padi tanpa menghilangkan sekamnya. Beras merah atau beras coklat ini mengandung vitamin B1, B3 dan zat besi yang tinggi. Kandungan seratnya tinggi sehingga memudahkan penyerapan dalam usus dan menghindari kejang perut. Satu takar beras merah mengandung 90% kebutuhan pangan per hari, selenium, asam lemak esensial dan berbagai antioksidan lain. Mengkonsumsi beras merah merupakan awal dari kesehatan Anda.


Tahu dan Tempe


Jangan pernah meremehkan tahu dan tempe. Panganan khas Indonesia ini kaya dengan Vitamin B dan zat besi, namun rendah lemak. Makanan ini juga cocok bagi yang sedang melaksanakan diet  jantung dan para vegetarian sebagai pengganti daging. Tahu dan tempe juga mengandung isoflavone yang berfungsi meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh seseorang.


Tomat


Pernah membayangkan sayuran sederhana bernama tomat ini dapat menurunkan seseorang terhadap resiko terkena kanker prostat, tenggorokan, lambung dan usus besar? Memang begitulah manfaat dari tomat. Kenapa? Karena tomat mengandung likopen, zat yang memiliki peran menangkal sumber penyakit tadi. Tomat juga termasuk salah satu jenis sayuran yang efektif sebagai antioksidan.


Kalau Anda ingin lebih lama mempertahankan kecantikan, jangan lupa konsumsi tomat secara teratur. Lebih dari itu, tomat juga mengandung zat tomatin, yang bisa bisa menyembuhkan luka dan jerawat. Seratnya juga termasuk tinggi sehingga tidak menyulitkan usus untuk mencernanya. Dengan rajin mengkonsumsi tomat, buang air besar dijamin lancar.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan