Konsumsilah Apel, Buah yang Kaya Manfaat

Sejak dulu, buah apel terkenal sebagai buah yang mengandung gizi tinggi. Tak heran jika ada pepatah barat yang mengatakan, “An apple a day, keep away from doctor”. Selain kaya akan gizi, apel juga memiliki penampilan yang sangat menggiurkan. Warna merah dan hijau pada apel terasa begitu sangat menggoda mata.

Buah yang disimbolkan sebagai buah terlarang ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tak heran, banyak penelitian yang mengatakan bahwa apel mengandung banyak manfaat.


Berikut ini manfaat dari buah apel.

Menurunkan kadar kolesterol. Buah apel mengandung senyawa fitokimia. Fitokimia ini berfungsi sebagai zat antioksidan yang mampu secara efektif melawan kolesterol jahat. Selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga dapat meningkatkan kolesterol baik yang ada di tubuh manusia. Selan mengandung fitokimia, apel juga mengandung pektin dan asam D-glucaric yang turut berjasa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.Mencegah penyakit jantung dan stroke. Menurut penelitian, apel juga terbukti dapat mencegah serangan stroke. Selain itu, apel juga dapat mencegah penyakit jantung.Menurunkan berat badan. Apel merupakan buah yang mengandung serat yang banyak dan baik bagi tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi apel sangat baik bagi pencernaan. Buah apel pun dapat membantu menurunkan berat badan karena memiliki serat yang tinggi sehingga rasa lapar tidak datang dengan cepat.Menjaga kesehatan gigi. Buah apel mengandung senyawa tannin yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi yang disebabkan bakteri pembentuk palak.Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru. Menurut penelitian, buah apel pun terbukti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru. Selain itu, zat fitokimia yang terkandung dalam kulit apel pun dapat menghambat pertumbuhan kanker usus.Membuat wanita tetap cantik. Zat boron yang terkandung dalam apel terbukti membantu para kaum hawa untuk mempertahankan kadar esterogen saat menopause. Hal itu dapat mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidakstabilan hormon saat menopause, seperti nyeri, depresi, osteoporosis, dan penyakit jantung.Melindungi tubuh daru virus flu. Menurut penelitian, apel merupakan buah yang sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus. Hal ini terjadi karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat setelah mengonsumsi apel.Membantu bernapas lebih mudah. Bagi wanita hamil, mengonsumsi apel dapat membantu mengurangi risiko penyakit asma pada anak yang dilahirkannya. Selain itu, apel juga dapat melindungi paru-paru.Membuat pintar. Kandungan buah apel dapat menjaga otak agar tetap “tajam” walaupun usia dan memori bertambah. Apel pun berpotensi untuk mencegah penyaki Alzheimer.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah apel, tidak ada salahnya jika kita mengonsumsi buah ini. Jadi, tunggu apalagi. Segeralah mengonsumsi apel!


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan