Jadwal Diet: Makan Malam? Gak Masalah

 Berolahraga sudah terbukti mampu menjaga vitalitas dan sistem metabolisme tubuh. Namun, adakalanya seseorang sering dihinggapi rasa malas ketika akan berolahraga, bahkan untuk sekadar berlari keliling lingkungan rumah. Ketika itu terjadi, salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pola makan.

Menjaga pola makan bisa kita sebut sebagai diet. Diet bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, tapi juga bagi siapa saja yang ingin menjaga asupan nutrisi dalam tubuhnya. Diet dapat diatur berdasarkan jenis makanan diet dan jadwal diet. Kedua hal tersebut memiliki peran penting untuk menunjang kesuksesan program diet Anda.


Makanan diet hampir semuanya berasal dari alam, buah-buahan serta sayur-sayuran. Semuanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh tanpa harus menimbun lemak yang berlebih. Jenis makanan yang berlabel “makanan diet” tidak lantas membuatnya berbeda dengan jenis makanan lain. Pada dasarnya mereka sama saja. Memiliki asupan gizi yang seimbang.


Ketika Anda memutuskan untuk berdiet, selain makanan, Anda juga harus mematuhi jadwal diet. Jadwal diet berperan untuk mengatur semua asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Layaknya jadwal, jadwal diet pun mengatur tentang jam. Tentu saja yang diatur adalah jam atau waktu-waktu saat makanan itu “diperbolehkan” masuk dalam tubuh kita.


Bila dilihat secara sekilas, sepertinya tidak ada hubungan antara jadwal makan dengan pola makan yang benar. Hal itu sama sekali tidak benar. Ternyata jadwal makan cukup erat kaitannya dengan pola makan yang benar.


Anda pasti pernah mendengar larangan untuk tidak makan malam terlalu malam. Bagi sebagian wanita, makan malam merupakan hal yang sama sekali harus dihindari. Makan malam dipercaya dapat menimbun lemak yang terkandung pada makanan dalam tubuh.


Mereka beranggapan, makanan yang masuk nantinya hanya akan tertimbun, karena pada malam hari manusia cenderung tidak melakukan kegiatan apapun.


Pemahaman seperti itu sudah seharusnya dihilangkan, karena kini banyak penelitian para ahli yang mengatakan bahwa makan malam sama sekali tidak akan membuat tubuh wanita menjadi lebih langsing secara drastis.


Makan malam tidak akan mengganggu jadwal diet yang sudah Anda susun, tapi makan malam justru dapat menjaga kestabilan berat badan Anda, apalagi bila Anda makan malam bersama keluarga. Jadi mulai sekarang jangan hapus jadwal makan malam Anda dari jadwal diet!


Jadwal diet tidak harus menghapuskan makan malam dari agenda pemenuhan gizi Anda. Kebutuhan kalori untuk setiap manusia pastilah berbeda. Sebagian besar, para wanita dewasa membutuhkan asupan kalori sebanyak 1500 kalori.


Untuk jumlah kalori sebanyak itu, Anda bisa membaginya dalam tiga kali waktu makan. Pagi sebanyak 500 kalori, makan siang asupan kalori diusahakan sebanyak 600 kalori, dan sisanya bisa Anda pergunakan untuk “jatah” makan malam.


Jatah kalori untuk makan malam memang cenderung lebih rendah, karena metabolisme tubuh manusia pada malam hari akan berbeda dengan metabolisme tubuh manusia pada saat siang hari. Kalori yang berlebih pada saat makan malam juga tidak terlalu baik untuk kesehatan.


Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mengontrol asupan kalori makanan pada malam hari dan jangan menghilangkan jadwal makan malam Anda sama sekali.


Makan malam sebaiknya dilakukan antara jam 6 hingga 7 malam. Jarak antara makan malam dengan jadwal tidur harus disesuaikan. Jangan biarkan perut Anda masih terisi penuh dengan makanan sementara satu atau dua jam lagi Anda sudah harus tidur.


Tubuh yang semestinya diistirahatkan, mendadak harus bekerja memproses semua makanan yang masuk dalam tubuh, dan hal inilah yang  dapat membuat kacau sistem metabolisme tubuh di malam hari.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan