Diet Kolesterol, Upaya Mengontrol Kolesterol

Anda pernah mendengar istilah diet kolesterol?

Diet kolesterol adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan kegiatan yang mengacu pada cara mengontrol kolesterol. Diet ini dilakukan dengan tidak memakan makanan yang mengandung kolesterol seperti minyak, daging, telur, dan keju dalam olahan makanan sehari-hari.

Diet ini bukan berarti menghalangi kita memakan makanan yang enak, tetapi mengurangi atau menghindari makanan berlemak. Jikalau Anda ingin berhasil dalam program diet ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali macam-macam kolesterol, terdapat dalam jenis makanan apa saja kolesterol itu, dan kolesterol jahat itu seperti apa.

Kolesterol

Zat pada makanan terdiri dari 3 jenis yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Nah, yang terakhir ini yang penting sekali untuk diwaspadai secara cermat agar kesehatan tidak terganggu. Lemak memberi manfaat bagi tubuh supaya bisa menghangatkan tubuh dan memberi bantalan lemak sesuai dengan kadarnya pada usia-usia tertentu. Namun, bila lemak sudah sangat berlebihan dikonsumsi, pastinya bisa menimbulkan penyakit.

Dalam makanan, terdapat 3 macam lemak, yaitu :

Lemak ini terdapat pada makanan seperti kuning telur, otak sapi, dan jeroan. Sebaiknya jangan terlalu sering atau lebih baik dihindari sama sekali.

Lemak tak jenuh tunggal atau monosaturated

Lemak ini terdapat pada makanan seperti udang dan kepiting. Makanan ini boleh dikonsumsi, tapi dalam jumlah yang terbatas.

Lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated

Lemak ini terdapat pada makanan hasil laut seperti ikan dari laut dalam semacam tenggiri dan tuna yang juga mengandung omega 3. Sering-seringlah mengkonsumsi makanan ini karena mengandung kolesterol baik atau HDL, Selain itu, ikan-ikan ini dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah.

Diet Kolesterol

Tidak hanya untuk Anda yang sedang diet, untuk makanan sehari-hari pun sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan berkolesterol lebih dari 300 miligram setiap hari. Penting juga menjaga nutrisi tubuh dengan memperhatikan porsi ideal: lemak sebaiknya di bawah 30 %, karbohidrat 50 – 60%, dan protein 20%.

Setelah mengenali diet yang cocok bagi Anda seperti diet kolesterol ini, Anda bisa mengusahakan gaya hidup sehat sehari-hari seperti kurangi penggunaan garam dalam makanan dan hindari makanan yang terlalu asin. Tekanan darah dapat naik bila terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Batasi pula porsi makan Anda, berhenti sebelum kenyang dan makan secukupnya saja. Dan yang paling penting jangan sembarangan diet. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum memulai diet.


View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan