Prospek Budidaya Jamur Konsumsi

Bosan dengan pekerjaan sekarang ? Atau lagi cari pekerjaan ? Mau usaha tapi tidak tahu harus mulai dari mana?  Bagi Anda yang sedang menghadapi masalah tersebut tentu perlu solusi yang jitu.  Mengapa tidak mencoba untuk berbudidaya jamur. 

Jamur adalah salah satu jenis sayuran yang bernilai tinggi bahkan sekarang sedang di gandrungi akan tetapi masih kurang yang berminat  terjun langsung di budidaya tanaman yang satu ini. Padahal prospek budidaya jamur sangat menggiurkan karena harga jualnya di pasaran sangat tinggi. Selain itu jamur juga mampu menyembuhkan aneka penyakit.


Budidaya Jamur


Membudidayakan jamur terbilang tidak sulit bahkan sangat menyenangkan. Yang penting kita paham terlebih dahulu tipe jamur yang akan kita usahakan. Banyak bertanya tentang budidaya jamur yang baik atau membaca petunjuk budidaya jamur akan membantu kita dalam memahami tentang jamur. Semakin banyak yang kita pahami maka semakin mudah kita mengatasi masalah yang mungkin ada ketika menjalankan bisnis jamur ini.


Umumnya jamur adalah jenis tanaman yang tidak memerlukan pencahayaan dan membutuhkan tempat yang lembab. Jadi syarat utama adalah tersedianya ruangan yang sesuai dengan kebutuhan jamur untuk tumbuh.Media yang umum digunakan cukup mudah diperoleh di sekitar kita yaitu media dari serbuk gergaji. Dapat juga menggunakan dedak atau kardus bekas yang di lumatkan dan sudah disterilisasi.


Sterilisasi menjadi suatu hal yang wajib bagi budidaya jamur. Penting untuk tetap menjaga media dan lingkungan bersih dan steril untuk menghindari dari penyakit yang bisa menggagalkan pertumbuhan jamur . Untuk kebutuhan bibit dapat di ambil dari institusi perguruan tinggi yang mengelola jamur untuk kebutuhan bibit misalnya IPB atau dapat dipesan langsung melalui Internet. 


Peluang Usaha


Usaha jamur ini masih tergolong baru dan belum begitu banyak pemain di dalamnya . jadi prospek budidaya jamur ini dengan hanya bermodal ruang pemeliharaan 6 x 6 m sudah dapat menampung sekitar 2500 log atau kantung jamur. Apalagi ditambah dengan harga jamur segar lumayan tinggi untuk setiap kilonya.


Anda dapat meraup keuntungan bersih hingga puluhan juta rupiah. Lebih hebatnya lagi produksi jamur dapat dipanen setiap hari sesuai pengaturan waktu panen yang dikehendaki. Terbukti prospek budidaya jamur ini sangat menjanjikan. So kenapa tidak dicoba?

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali



View the original article here

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2009 Bakso Mesra Ponorogo | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan